scientist post

The media online to guide you while surfing on the web and grow your knowledge up

  • RSS
  • Visit Scientist Post For Mobile Phone


Tersiar kabar dari beberapa stasiun televisi nasional bahwa blackberry berbahaya bagi keamanan negara.Lho kok berbahaya, kenapa?
Alasanya karena akses dari pengguna/pemakai HP blackberry ini tidak dapat di lacak oleh pemerintah dan pihak kepolisian.Saat ini pemerintah sedang membuat peraturan yang isinya mengharuskan bagi setiap vendor perangkat telekomunikasi membuka data centernya di Indonesia.Langkah ini di lakukan setelah RIM(Research In Motion) selaku vendor dari blackberry masih menolak untuk membuka data centernya di Indonesia,langkah serupatelah di ambil oleh beberapa negara di timur tengah seperti Arab Saudi dan Lebanon ,setelah itu menyusul India dan Aljazair.

Memang apa pentingnya sih data center itu?

Data center di suatu negara berperan dalam mengontrol arus transver data dari perangkat yang bersangkutan seperti ID number,IMEI,PIN,serta jaringan yang di gunakan oleh perangkat telekomunikasi tersebut ,yang nantinya data ini dapat di gunakan untuk meningakatkan kinerja perangkat tsb,sebagai sarana evaluasi serta sebagai jalur akses utama untuk mencegah dan meretas perangkat tertentu di mana perangkat tersebut di khawatirkan akan di gunakan untuk melakukan tindakan kriminal seperti penipuan,terorisme,hacking dll.

Jika di dalam suatu negara belum memiliki data center ,maka seseorang dari dalam negara tesebut akan dapat dengan laluasa berkomunikasi dengan orang asing tanpa bisa di lacak kemana dan dengan siapa dia berkomunikasi.Bayangkan jika yang berkomunikasi itu adalah kelompok teroris ,bahaya kan…….

Ada dua kemungkinan jalur pembajakan data pada blackberr ini :
1.Server pusat blackberry tersebut telah di bajak
Artinya server data dari blackberry tersebut telah di bajak oleh hacker ,kemudian hacker tersebut mengambil data dari sever tersebut seperti nomor ID pelanggan,nomor PIN,IMEI bahkan sampai nomor telepon yang di gunakan oleh pelanggan pada perangkat tersebut.Atau bisa juga server itu sendiri yang membocorkan data internalnya kepada pihak luar RIM,misalnya saja kepada pemerintah AS(Amerika Serikat).
Karena pasalnya ,demi menjaga keamanan ,secara berkala RIM mengirimkan data internalnya kepada pemerintah AS.Karena bukan hanya warga sipil saja yang menggunakan blackberry ini tapi president AS ,Barrack Obama juga menggunakan hp keluaran RIM ini.
2.Dari hp blackberry itu sendiri yang sudah di bajak.
Lalu langkah apa yang bisa di lakukan agar terhindar dari tindakan peretasan ini?
Langkah yang paling mudah ,ya jangan pake hp yang merk blackberry aja ,cuma bercanda .
Saat ini pemerintah sedang membuat peraturan yang intinya mendesak RIM agar segera membuka aksesdari data center pusatnya dengan cara mendirikan data centernya di Indonesia.Meskipun saya sendiri kurang begitu yakin kalau hal ini akan di turuti oleh pihak RIM ,yah…….. kita berdoa saja agar RIM mau segera membuka data centernya di Indonesia.

Artikel Terkait:



0 Komentar.

Posting Komentar

    Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
    Our Reviews
    "welcome to linkreferral, you should do well..."

    mike
    Get your own reviews, free traffic at
    free web site trafffic and promotion
    click here
    free counters